28 September 2014

Home » » Cara Membuat Lirik Lagu dengan Mindmap ala Zosia

Cara Membuat Lirik Lagu dengan Mindmap ala Zosia

Oleh: Naufal Fauzy, 28 September 2014, 2 komentar

Beberapa waktu lalu saya mencoba menjelajah dunia maya untuk mencari tahu perihal cara membuat lirik lagu. Hasilnya saya hanya menemukan  beberapa tips bagaimana menemukan inspirasinya, serta alat pendukung menulis lirik lagu tersebut.

Saya masih merasa sangat kurang puas. Karena yang saya ingin ketahui adalah bagaimana menulis lirik dan merangkai  jadi lagu seutuhnya. Walau pun begitu, saya masih sempat mendengar tentang menulis lirik lagu dengan sistem mind map 4 kata. Saya penasaran apa itu sistem mind map 4 kata dalam menulis lirik lagu ?

Akhirnya saya pun kembali menjelajah google terkait hal itu dan lagi-lagi saya masih merasa belum puas. Namun setelah pencarian terus menerus dan didorong rasa penasaran tinggi, akhirnya saya menemukan hal sejenis yang saya harapkan yaitu video tutorial di youtube. Namun saya harus menonton 2 part video bersambung, terlebih bahasanya pun bahasa inggris.

Video tutorial youtube tersebut di isi oleh seorang perempuan bernama Zosia. Sebenarnya saya kurang begitu mengenal dengan perempuan tersebut. Tak apa lah yang penting saya dapat ilmunya. Hehe. Akhirnya saya pun mengerti apa itu sistem mind map dalam menulis lirik lagu. Ternyata tidak jauh berbeda dengan sistem mind map lain.

Berikut saya share gratis tentang cara mind mapping lirik lagu untuk anda.

Ok, perhatikan baik-baik ya !

1.Pikirkanlah tema apa yang akan anda jadikan lagu. Bisa dari inspirasi segala arah itu mah. Mau tentang cinta, mau tentang sosial, politik, hukum, akuntansi, lah bebas itu terserah.

2.Pikirkan kembali tema tersebut kemudian pecahlah menjadi 4 atau 3 ide lirik utama.

3.Saya akan menampilkan contohnya, yang merupakan contoh dari Zosia sendiri. Temanya tentang cinta (dasar cewek, biasa lah). Kemudian Zosia memecah tema inspirasi cinta tersebut menjadi 3 ide utama dan 1 tambahan yang akan dijadikan sumber penulisan lirik lagu. Berikut contoh mindmap pada langkah awal:
Cara Membuat Lirik Lagu dengan Mindmap ala Zosia

Cara Membuat Lirik Lagu dengan Mindmap ala Zosia

4.Kemudian tiap-tiap ide yang sudah dibagi tersebut, dibagi lagi menjadi beberapa kata yang berkaitan. Seperti contoh berikut:

Cara Membuat Lirik Lagu dengan Mindmap ala Zosia

Cara Membuat Lirik Lagu dengan Mindmap ala Zosia

Saya jelaskan deh. Pada salah satu circle atau bulatan tuh ada kata routine(rutinitas). Setelah dipikirkan oleh Zosia, munculah kata yang berkaitan dengan rutinitasnya seperti same story (ceritanya gitu2 aja), predictable (mudah ketebak), monday-Sunday (senin-minggu) dan lain sebagainya. Tuh, udah ngertikan yah. OK next!

5.Kemudian kata-kata dari empat ide tersebut bisa disusun menjadi lirik lagu sesuai kreatifitas masing-masing. Berikut hasil lirik lagu dari contoh di atas yang disusun oleh Zosia:

Verse 1

Monday might as well be Sunday

You’re so predictable

And so the story goes

Verse 2, 2nd part

Someday we could be so happy

You’re unbelieveble

I’ve got new cards to fold

Chorus:

La la la la...

Sekian posting hari ini tentang cara membuat mind map lirik lagu, semoga bermanfaat.

2 Komentar

avatar

makasih gan infonya
http://jellygamat-qnc.xyz/