02 Maret 2022

Home » » Fakta Invasi Musik Indonesia ke Vietnam

Fakta Invasi Musik Indonesia ke Vietnam

02 Maret 2022, 2 komentar

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu betul bahwa musik karya musisi Indonesia sudah tembus menginvasi negeri jiran Malaysia dan disukai para pendengar musik disana.

Sebut saja Padi, Rossa dan Peterpan. Mereka ini termasuk beberapa dari sekian banyak band maupun penyanyi Indonesia yang cukup terkenal di negeri tetangga tersebut.

Ada beberapa faktor yang mungkin membuat musik Indonesia mudah disukai masyarakat di negeri jiran Malaysia. Misalnya dari segi kualitas musik, atau mungkin dari segi bahasa dalam lirik lagu yang mudah dipahami warga Malaysia karena kita masih serumpun.

Lalu apa jadinya jika musik atau lagu-lagu Indonesia menginvasi negeri tetangga lain yang bahasanya sangat jauh berbeda dengan Indonesia, seperti Vietnam.

Saya pun mencoba melakukan pencarian informasi via internet terkait adakah musik Indonesia di Vietnam ini dengan kata kunci pencarian 'bài hát Indonesia (lagu Indonesia)' dan hasilnya, buat saya terkejut.

Lagu 1980-an

Lagu pop Indonesia rupanya berhasil menembus telinga warga Vietnam sejak lama meski mereka tidak mengerti bahasa liriknya. Lagu yang dirilis tahun 1980-an dulu populer di negara paling timur di Semenanjung Indochina ini.

Seperti lagu yang berjudul 'Madu dan Racun,' 'Si Jantung Hati' serta 'Singkong dan Keju' dari grup musik Bill & Brod yang hits besar di Indonesia pada masanya juga hits di Vietnam.

Lagu-lagu Indonesia tahun 80-an tersebut juga ramai diunggah ulang ke internet oleh orang Vietnam seperti di situs Youtube dengan jumlah penonton atau views tak sedikit.

Dalam unggahan tahun 2010 di channel Thế Định Nguyễn, warganet Vietnam di kolom komentar mengaku sudah mendengar lagu 'Singkong dan Keju' sejak masih kecil pada masa kaset pita masih populer digunakan saat itu.

Berikut beberapa komentar Warganet Vietnam (mohon dimaklumi, terjemahan pakai Google Translate).

yquyen lah : "Memang benar kenangan masa kecil. Bagus sekali, dan aku juga hapal beberapa lagu Indonesia, tapi sekarang aku sudah lupa semuanya, tapi masih enak untuk didengarkan lagi."

NA MẬP MEDIA : "Entah berapa kaleng nasi yang hilang karena musik Indo hari itu. Aku sangat merindukan masa kecilku."

Trần Khôi Nguyên : "Ingat waktu masa kecil oi. Dengarkan berulang-ulang tetap tidak bosan. Benar-benar meresap ke lubuk hati orang. Musik abadi."

Tây Lâm : "Terima kasih telah memposting klipnya. Ketika saya masih kecil, saya hanya mendengarkan kaset. Sekarang saya tahu wajah band ini. Dan penyanyinya sangat tampan! :)) Musik Indo memang abadi T_T."

sien ka : "Saya tidak mengerti tetapi melodi lagunya sangat bagus."

Chau Tran : "Masa kecilku! Saya menyukainya!! Lebih dari tiga puluh tahun. Dulu, saya mendengarkan kaset pita."

Lanjut, lagu Indonesia tahun 2000-an.

Pada masa tahun 2000-an, lagu-lagu hits Indonesia juga tidak kalah dalam merebut hati pendengar musik di Vietnam.

Saya menemukan bahwa lagu berjudul 'OK' dari T2 (Tika & Tiwi) yang dirilis di Indonesia tahun 2007 juga hits di Vietnam kala itu.

Warganet Vietnam ada yang mengunggah ulang video klip grup duo T2 ini tahun 2019. Terlihat di kolom komentarnya, warganet Vietnam mengaku terbawa kenangan saat lagu tersebut hits di masa lalu.

Berikut beberapa komentarnya.

H Jin RAH LAN : "Terima kasih sudah memposting ini, saya sudah mendengarkan lagu ini sejak kelas 7. Sekarang 3 November 2021, Mk berusia 22 tahun."

Quang Anh : "23 Juli 2021 siapa yang masih dengerin lagu ini ?."

Ki Lai : "Saat itu ponsel tidak memiliki Bluetooth..keluarkan memori untuk mengganti lagu."

Selain T2, band Repvblik hingga Wali juga sampai ke pendengar musik di Vietnam kemudian dilanjut ke musik dan lagu-lagu Indonesia generasi hits selanjutnya. Seperti lagu-lagu dari Cita Citata dan tak ketinggalan pula dari penyanyi Siti Badriah dengan lagu 'lagi syantik.'

Karya musik Indonesia generasi selanjutnya yang populer adalah lagu remix konten Tiktok.

Saya lihat banyak lagu Tiktok buatan kreator Indonesia yang diunggah oleh warganet Vietnam di Youtube sampai dihujani ribuan komentar warganet Vietnam lainnya.

Seperti lagu Bukan PHO - DJ DESA Remix berjudul 'De Yang Gatal Gatal Sa' versi Vietnam Subtitle yang ditonton sampai 13 juta kali, kemudian lagu 'I Love You' - Kevin Rater remix cute Vietsub sudah ditonton 17 juta kali dan masih banyak yang lainnya.

Fakta Invasi Musik Indonesia ke Vietnam
2

2 komentar: