10 September 2014

Home » » » Cara Melukis Wajah Mirip Dengan Aslinya

Cara Melukis Wajah Mirip Dengan Aslinya

Oleh: Naufal Fauzy, 10 September 2014, 15 komentar

Bagi para pelukis, sketcher, penggambar pemula pasti pernah meresahkan gambar yang pernah dibuatnya. Sebagian besar bertanya-tanya kenapa kok gambar wajah yang digambar tidak mirip objek aslinya ?. Hal ini pun banyak ditanyakan oleh para pelukis pemula kepada orang-orang yang mereka anggap sudah professional.

Ada hal yang cukup membuat saya tertawa terbahak-bahak perihal tersebut. Ceritanya ada seorang pengunjung yang bertanya di salah satu blog yang menyajikan tutor lukisan pensil,

“Mas, kok saya menggambar gak mirip-mirip ya sama aslinya ?,” lalu si pemilik blog itu menjawab “Ya udah mas kalo mau mirip jangan digambar, difoto aja.” Sungguh saat itu juga saya cekikikan.

Dari hal tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa titik keunikan seni melukis dengan pensil berada pada ditengah-tengah antara mirip dan tak mirip. Jadi, sebenarnya setiap lukisan wajah yang kalian anggap bagus dan keren itu tidak 100% mirip dengan aslinya. Lho, tapi gambar dia bagus lho, kenapa disebut tidak mirip 100% ?, karena itulah seni melukis, keindahan yang misterius.

Cara Melukis Wajah Mirip Dengan Aslinya

Sebenarnya untuk menginjak area keindahan itu dibutuhkan proses yang berkali-kali. Anda tak cukup menguasai teori dan tekniknya saja, namun juga proses praktek dan kesabaran yang panjang pula.

Ada baiknya saya juga menyajikan tipsnya, karena menurut pengalaman saya, satu atau dua referensi saja tidak cukup. Nantinya, tips dari saya bisa dicoba, dibandingan dan dipertimbangan dengan referensi lain yang sejenis. Sehingga nantinya bisa diambil kesimpulan oleh diri sendiri.

Berikut tips dari saya, tentang tips melukis wajah mirip dengan aslinya.

1.Samakan kesejajaran(horizontal/vertikal) bidang gambar dengan objek gambar.


Menurut saya hal ini juga perlu diperhatikan jika ingin menggambar wajah. Misalnya anda biasa menggambar dengan bidang gambar berposisi horizontal. Maka objek gambar/foto pun disamakan posisinya, begitu pun posisi lain.

Contoh yang menurut saya salah adalah ketika menggambar, bidang gambar rata dengan lantai, sedangkan objek gambar/foto ditempel di dinding atau objek ada di layar laptop (horizontal vs vertikal). Saya berasumsi bila hal ini dilakukan, anda akan kesulitan mengejar kemiripan dengan objek. Maka, objek gambar foto perlu di print out atau di pindahkan ke HP, tablet dan lain-lain untuk didampingkan dengan bidang gambar dengan mudah dan sejajar.

2.Dekatkan jarak pindah pandangan anda pada objek gambar/foto dengan bidang gambar


Sebenarnya tips ke-dua ini menyambung dengan tips ke-satu. Apabila anda tidak memperhatikan tips ke-satu, maka tips ke-dua akan sulit dilakukan. Perlu ditekankan, yang saya maksud didekatkan itu merujuk pada  jarak perpindahan pandang pelukis antara objek dan bidang gambar.

Situasinya seperti, anda melihat ke objek foto, terus ke bidang gambar, ke objek foto lagi, ke bidang gambar lagi. Nah, usahakan jarak perpindahan antara kedua itu diperpendek. Maka, gambar anda akan mendekati kemiripan dengan objek.

3.Perhatikan detail-detail objek gambar


Dengan memperhatikan detail objek untuk digambar , ini akan mendukung kemiripan gambar yang anda buat dengan objeknya. Seperti garis lekuk pipi, lekuk dekat bibir, kantong mata (jika ada), lekukan dahi dan lain-lain. Dalam hal ini anda dituntut teliti dan sangat seksama memperhatikan objek wajah yang akan digambar.

4.Pakai logika anda


Ini juga berkaitan dan menjadi bagian tips no-3. Logika melukis maksudnya, unsur logika diperlukan untuk mengarahkan apa jarak mata terlalu berjauhan atau pun terlalu berdekatan, ukuran hidung, jarak bibir ke ujung dagu, dan lain-lain. Langkahnya, yaitu memasangkan logika anda pada objek lalu memasangkannya pada bidang gambar.

Dalam hal ini ada 2 pilihan menurut saya, yaitu anda menggunakan logika dari benak anda untuk diterapkan langsung, atau menggunakan rumus proporsi objek (kalau wajah berarti proporsi wajah) yang bisa anda temukan di internet dengan mudah. Dua hal tersebut bisa dipilih sesuai pribadi masing-masing.

Di samping semua tips-tips di atas, mungkin saja ditempat lain masih banyak rahasia-rahasia menggambar terkait tips melukis wajah mirip aslinya. Perlu saya ingatkan, bagi yang belajar menggambar atau melukis dengan pensil, diperlukan adanya kesabaran pada prosesnya. Jika mengalami hambatan dan kesulitan, enjoy aja, toh itu bagian dari perjuangan. Keep move, buddy !

Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat.(Naufal.F)
Sumber: Pengalaman pribadi

15 Komentar

avatar

Wainiiiiiii aku wajib belajar nihhh

aku amatiran bangett..
nih http://www.gigiepapaw.com/2014/01/gigie-and-old-pencil.html

avatar

Wah, kakak ternyata juga suka menggambar to ? waaa....misterius banget 0_0. BTW aku suka gaya nulis kakak. Aku pernah belajar gaya nulis bebas anak2 sastra, tapi gak ada bakat...yaaa....akhirnya sama anak2 sastra cuma bisa nge-fans doang...T_T heu.

avatar

suka..tapi ga pernah coba lagi..
ajarin aku ya

makasih :) gayaku ga jelas ituuuuu hehheee

semangat terus yah nulisnyaa..

avatar

Trik yg baik,, trimakasih ya.. sangArt bermanfaArt,,,,,,, SemangArt!!

avatar

Dh Belajar gan, Dh 2 Bulan tapi.... Gambar diri aja susah, Gak mirip" Sulit nya pada Sketsa dan Lekkuan mata nya, Kalo mata gak mirip semua jadi hacur gan
Itu kek mana ato aku memang gak Punya Bakat ya?

avatar

Cocok banget nih tipsnya, sudah coba saya praktekkan terutama dalam menggambar harus menyamakan letak gambar yang kita kerjakan dan objek gambar, ini berguna juga ternyata untuk menambah kejelian.

avatar

ini blog yang keren... banyak manfaatnya dan sangat membantu bagi pemula kayak saya.. trims infonya :-d

avatar

ini blog yang keren... banyak manfaatnya dan sangat membantu bagi pemula kayak saya.. trims infonya :-d

avatar

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

avatar

Keren... kaka anak UIN Bandung ya? suka banget ka sama gambar dan tips tipsnya. blognya manfaat banget dahh... mkaasih