07 Januari 2015

Home » » » » 18 Aliran Seni Lukis dan Penjelasannya

18 Aliran Seni Lukis dan Penjelasannya

Oleh: Naufal Fauzy, 07 Januari 2015, 0 komentar

Aliran Seni Lukis - Seperti musik, melukis juga punya genre yaitu aliran seni lukis. Jenis-jenis aliran seni lukis ini mempunyai sejarah dan tokohnya masing-masing. Nah, bagi yang yang suka melukis, harus tahu aliran lukisannya yang dilukis. Kenapa ? ya ibaratnya gini deh: situ punya band tapi gak tau genrenya apa, nanti ada yang nanya genre gimana coba ? iya khan.

Memang kebanyakan menggambar itu bakat dari lahir, terlebih banyak juga tuh yang belajar menggambar cuma ngandelin otodidak. Berhubung saya juga otodidak, sambil belajar saya share nih macam-macam aliran seni lukis, siapa tau berpahala. Hehe. Berikut ulasannya:

Macam-macam aliran seni lukis:


1.Abstrak

Adalah aliran yang mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Maksudnya adalah menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur tersebut, mempunyai sensasi yang kuat sebagai pengganti unsur bentuk asli yang dikurangi porsinya.

2.Surrealisme

Aliran jenis surrealisme ini adalah menyerupai bentuk-bentuk seperti dalam mimpi atau imajinasi. Pelukis membebaskan pikirannya dari bentuk pikiran logis kemudian hasil lukisannya bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Misalnya lukisan yang gambarnya ada girlband yang naek delman ke bulan. Haha.

3.Dekoratif

Adalah jenis aliran dengan mengkombinasikan atau mencampur garis-garis lurus dan garis - garis lengkung sehingga membuat sebuah obyek gambar geometris. Yang ditonjolkan adalah ketajaman garis atau warna bidang yang satu dengan bidang lainnya.

4.Kubisme

Aliran seni lukis kubisme adalah aliran abstraksi objek ke dalam bentuk-bentuk geometri atau balok untuk mendapatkan sensasi tertentu. Contohnya adalah WPAP(Wedha Pop Art Potrait) yang sekarang lagi rame tuh.

5.Romantisme

Aliran seni lukis romantisme adalah aliran tentang kenangan romantis dan keindahan di setiap objek. Pemandangan alam adalah objek yang paling sering diambil sebagai background lukisan. Contohnya adalah lukisan Raden Saleh.

6.Plural painting

Adalah jenis yang prosesnya seperti semacam meditasi atau pengembaraan intuisi dari naluri kehidupan ke dalam bahasa visual. Bahasa visualnya adalah pada konsep Plural painting. Artinya, untuk menampilkan ketepatan dengan apa yang telah ditangkap oleh intuisi dengan menggunakan idiom-idiom yang: multi-etnis, multi-teknik, atau multi-style.

7.Badingkut

Adalah aliran dengan seni menggunakan bahan-bahan bekas dan biasanya lukisan berbentuk 2 dimensi. Namun aliran ini perkembangannya cukup luas yaitu ke seni patung, seni instalasi (ruang), tata panggung, teater, musik, tari dan seni rupa pertunjukan (performance art).

8.Ekspressionisme

Aliran jenis ekspresionisme adalah seni mendistorsi kenyataan dengan efek emosi. Maksud dari emosi ini biasanya lebih menuju kepada emosi kemarahan dan depresi daripada emosi kebahagiaan.

9.Dadaisme

Aliran Dadaisme atau Dada berfokus pada seni, politik, dan budaya. Biasanya berisi demonstrasi di tempat umum atau media publik. Aliran inilah yang menjadi dasar kemunculannya Pop Art yang kita kenal. Dadaisme merupakan aliran pemberontak di antara seniman dan penulis. Aliran ini tidak menyukai seni yang sok mahal dan mewah. Mungkin bisa disebut seniman jalanan.

10.Impresionisme

Aliran seni lukis Impresionisme adalah sebuah jenis seni lukis yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan kuat dengan penekanan pada warna dan bukan bentuk serta sudut pandang yang tidak biasa. Tapi kalangan akademisi ada yang justru menampilkan kesan garis yang kuat dalam impresionisme ini. Kebanyakan pelukisnya mengharamkan warna hitam, karena dianggap bukan warna dari cahaya.

11.Neo-Impresionisme

Adalah aliran melukis di mana pelukis tak lagi mencampur warna pada palet, melainkan secara langsung di atas kanvas atau bidang gambar secara bersebelahan serta jaraknya disesuaikan oleh pelukis. Dipercayai bahwa sentuhan warna terpisah akan menimbulkan hasil yang lebih baik ketimbang pencampuran warna konvensional dengan palet.

12.Realisme

Dalam seni, realisme adalah aliran yang memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun. Intinya adalah aliran seni ini jujur objektif.

13.Naturalisme

Aliran seni lukis naturalisme adalah aliran yang menampilkan objek realistis dengan penekanan pada seting alam, nature, atau alam nyata. Aliran ini merupakan pendalaman dari aliran seni lukis realisme.

14.de Stijl

de Stijl (bahasa Inggris: the style) berasal dari Leiden, Belanda, yang diprakarsai oleh arsitek dan pelukis tahun 1917, Theo van Deosburg. Munculnya jenis aliran ini diinspirasi oleh gerakan Dadaisme dan diwujudkan dalam pemikiran Utopia yang identik pada bidang perencanaan kota, seni murni, seni terapan, dan filosofi. Mereka mewujudkan abstraksi dan keuniversalan dengan mengurangi campur tangan bentuk dan kekayaan warna semaksimal mungkin.

Komposisi visual disederhanakan menjadi hanya bidang dan garis dalam arah horisontal dan vertikal, dengan menggunakan warna-warna primer seperti merah, biru, dan kuning di samping bantuan warna hitam dan putih.

Dalam kebanyakan karya seni, garis vertikal dan horisontal tidak secara langsung bersilangan, tetapi saling melewati satu sama lain. Pada umumnya, de stijl memperkenalkan sebuah bentuk yang abstrak namun sederhana.

15.Aliran Klasikisme

Aliran ini berkembang pada abad 19 di Perancis. Ciri jenis aliran ini yaitu: dibuat-buat dan berlebihan, indah dan molek, dekoratif. Aliran klasikisme mengacu pada kebudayaan Yunani Klasik dan Romawi Klasik.

16.Aliran Neo-Klasikisme

Ini adalah kelanjutan dari jenis Klasikisme, aliran ini memiliki ciri-ciri antara lain:
  • terikat pada norma-norma intelektual akademis;
  • bentuk selalu seimbang dan harmonis;
  • batasan-batasan warna bersifat bersih dan statis;
  • raut muka tenang dan berkesan agung;
  • berisi cerita lingkungan istana;
  • cenderung dilebih-lebihkan.
17.Futurisme

Futurisme dari bahasa Perancis, futur atau bahasa Inggris, future yang keduanya berarti "masa depan" . Jenis ini diinspirasi dari kehidupan yang berubah/berkembang karena penemuan mesin/teknologi yang menghasilkan pengaruh bagi kehidupan manusia di awal abad ke-20. Tipografi dalam Futurisme berkembang menjadi media ekspresi dalam desain, tidak hanya makna tapi juga bentuknya, divisualkan dengan puisi yang memakai bentuk-bentuk tipografi sebagai ungkapan perasaan.

18.Fauvisme

Fauvisme artinya secara harfiah adalah seni “binatang buas”. Fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang akan di lukis. Tidak seperti tidak seperti karya Impresionis , pelukis Fauvisme berpendapat bahwa harmoni warna  yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut.

Jenis aliran ini didasarkan pada anggapan bahwa lukisan harus di kuasai oleh ungkapan spontan dan melalui warna. Penggunaan garis dalam Fauvisme dibuat sederhana sehingga penikmat lukisan dapat mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat. Akibatnya bentuk benda dengan jelas dapat di kenali tanpa banyak detail.

Sumber:
Wikipedia.2014.Impresionisme.wikipedia.org,Indonesia.
Komarudin.2013.Membuat Lukisan Dekoratif. komarrudin.com,Indonesia.
c3chanlovely.2012. Aliran Kasikisme - NeoKlasikisme beserta contoh gambar. c3chanlovely.blogspot.com,Indonesia
Wikipedia.2013.Futurisme. wikipedia.org, Indonesia.
SikatXDesign.2012. Aliran Fauvisme. sikatxdesign.blogspot.com, Indonesia.