17 Oktober 2014

Home » » » Proses Kreatif Film Score: Menulis

Proses Kreatif Film Score: Menulis

Oleh: Naufal Fauzy, 17 Oktober 2014, 0 komentar

Setelah proses spotting selesai dan timing/pewaktuan yang tepat dari setiap cue yang ditentukan, komposer akan mulai menulis skor. Metode penulisan skor bervariasi dari setiap komposer. Beberapa komposer lebih suka melakukannya dengan pensil dan kertas, mencatat para staf dan progress direktur piano.

Sementara komposer lain, ada yang menulisnya di komputer menggunakan software komposisi musik seperti Digital Performer, Logic Pro, Finale, Cubase, atau teknologi digital recording ProTools. Bekerja dengan software memungkinkan komposer untuk membuat demo berbasis cue, yang disebut MIDI, untuk ditinjau oleh pembuat film sebelum rekaman orkestra. 

Lamanya komposer menulis score bervariasi dari proyek ke proyek; tergantung pada jadwal pasca-produksi, komposer mungkin memiliki sedikitnya dua minggu, atau sebanyak tiga bulan untuk menulis skor. Dalam keadaan normal, proses penulisan yang sebenarnya biasanya berlangsung sekitar enam minggu dari awal sampai akhir. 



Isi musik yang sebenarnya dari film score sepenuhnya tergantung pada jenis filmnya, dan emosi sutradara ingin musik itu seperti apa. Sebuah film score dapat mencakup ribuan kombinasi dari instrumen berbeda, mulai dari simfoni penuh ansambel orkestra dengan instrumen single solo rock band untuk combo jazz, dengan pengaruh musik etnis dunia, solois, vokalis, paduan suara dan tekstur elektronik.

Gaya musik yang ditulis juga bervariasi, dan dapat dipengaruhi oleh periode waktu di mana film tersebut diatur, lokasi geografis dari film action, dan bahkan selera musik dari karakter. Sebagai persiapan untuk menulis skor, komposer sering meneliti teknik musik yang berbeda dan genre yang sesuai untuk proyek tertentu. Dengan demikian, tidak jarang untuk menjadi komposer musik film harus bisa menjadi ahli dalam puluhan gaya musik yang berbeda.(**)

Referensi:
Cek di sini.