25 September 2015

Home » » Psikologi Warna: Makna Arti Warna dalam Segi Emosi

Psikologi Warna: Makna Arti Warna dalam Segi Emosi

Oleh: Naufal Fauzy, 25 September 2015, 4 komentar

Warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya (KBBI, 2008:1809). Kesan tersebut juga bisa memberikan kesan yang lain. Seperti merah jambu/pink yang memberikan kesan merah muda seperti buah jambu, atau warna merah delima terkesan warna biji buah delima. Apabila ditinjau dari psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna-warna yang ada itu bisa menunjukan kesan perasaan akan sesuatu.

Arti dari setiap warna dari segi emosi ini pun sudah pernah diteliti sejak dulu. Seperti Lois B.Wexner (1954) sudah pernah melakukan penelitian tentang keterkaitan warna dengan suasana hati (mood). Bahkan Psikolog Amerika, Frank H. Mahnke (1996) juga pernah memimpin eksperimen tentang
keterkaitan warna dengan emosi (UK Essays Film Studies: 2015).Psikologi Warna: Makna Arti Warna dalam Segi Emosi

Para fotografer dan juga videografer sering menggunakan psikologi warna untuk membangun efek emosi di mana dengan harapan karyanya bisa dirasakan sepenuhnya oleh orang lain yang melihat/menonton. Di dunia film, sebenarnya sudah sejak lama menggunakan makna warna untuk efek emosi (color grading). Seperti film horor yang sering menggunakan warna biru untuk membangun suasana takut, dan lain-lain. Sebagai dasarnya, berikut perbedaan-perbedaan arti efek emosi dari penggunaan dari setiap warna yang dirangkum oleh C.S Jones:

Merah

Merah merupakan warna yang paling mendalam di antara warna-warna yang dalam. Makna warna merah bisa menggambarkan reaksi fisik terkuat dari diri kita sendiri. Arti warna ini juga bisa disebut mengartikan kehidupan, seperti darah dan juga kehangatan (warm). Disebut juga sebagai warna kehebatan dalam dunia romansa serta dalam dunia kakuasaan. Dalam benak kita semua itu terikat erat dengan segi psikologi warna ini.

Pink

Pink atau merah muda merupakan warna campuran antara warna merah dan putih. Namun secara keseluruhan, terdapat arti warna yang berbeda apabila dibandingkan dengan kedua warna asalnya. Makna warna ini merepresentasikan prinsip feminim (relatif/beda arti di beberapa kebudayaan), memberi benak kita nuansa kelemahlembutan, peduli, dan romansa.

Kuning

Secara psikologi, makna warna kuning mengarah pada warna yang paling bahagia, menyolok dan juga menyatu dengan ektroversion (ekstrovert:). Warna ini disebut warna matahari yang terlihat alami. Warna ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin mudah dilihat (mudah diperhatikan) oleh orang lain.

Oranye

Oranye merupakan warna ketenangan yang berkaitan dengan kehangatan. Warna ini menyatu dengan nuansa musim gugur dan juga nuansa matahari terbenam (sunset). Warna yang hangat ini punya kulitas tersendiri. Seperti alasan kenapa orang sering menggunakan warna kuning dan oranye untuk sebuah peringatan. Semua itu karena warna hangat dapat menarik perhatian orang tanpa adanya nuansa intimidasi atau menakut-nakuti seperti warna merah.

Coklat

Warna ini merupakan warna yang bernuansa kotor, karena penggambaran psikologi kita semua, rata-rata merefleksikan hal itu. Warna ini terasa tanpa semangat atau gairah hidup namun bisa dipercaya. Kebaikan dan kejujuran nuansa warna ini mungkin tidak terasa ada. Namun bisa dijadikan suatu dasar/pondasi kekokohan akan sesuatu. Lagi pula, warna ini termasuk warna yang hangat. Apabila ditambah dengan cahaya dan bayangan, bisa menghasilkan atmosfer mengundang (ramah, menghargai, dll).

Biru

Biru adalah warna cool (sejuk, tenang, dingin, kagum, keren dll) yang paling akhir. Biru dengan cahaya yang dikurangi (menjadi agak gelap) dapat memberikan nuansa ketenangan. Apabila cahayanya ditambah menjadi seperi warna dingin atau es, maka dapat digunakan untuk menciptakan perasaan kesedihan, kesendirian atau juga relaksasi dan refleksi sabuah kesunyian.
Ungu
Warna ini tersambung dengan pikiran dan imajinasi seseorang. Disebut sebagai warna mewah dan juga warna beledu (kain berbulu halus). Dari dulu, warna ini terkait dengan nuansa kerajaan. Sehingga memberi pemikiran atau penggambaran pada benak kita akan sesuatu yang bersifat kesenangan dan kemewahan hidup.

Hijau

Kebanyakan orang merasakan bahwa warna hijau merupakan warna yang paling seimbang. Warna hijau terang bisa fokus secara langsung pada reseptor (sel rangsangan) mata kita. Makna warna hijau itu mengarah pada sesuatu yang menenangkan, karena sebagai warna mayoritas tumbuhan, dan juga makna warna ini bernuansa mata uang. Maka, makna warna ini sangat berhubungan dengan kehidupan kita dan juga perkembangan/pertumbuhan hidup kita.

Tidak terlepas dari itu semua, hijau juga disebut sebagai warna keanehan. Di mana sering digunakan untuk membuat sesautu terlihat kuat dan tidak natural. Contoh: Misalnya terjadi radiasi nuklir, biasanya di perlihatkan warna hijau menyala. Itu dianggap bisa mengetuk rasa ketakutan kita atau pemikiran kita akan kejadian negatif yang berlangsung.

Kelompok Warna (Color Group)

Kelompok warna dibagi atas 2 dasar kelompok makna warna, yaitu warna hangat dan warna dingin.
Warna hangat; Warna hangat ini terdiri dari warna oranye, merah, emas dan coklat. Terkait dengan cahaya matahari. Warna hangat bisa membuat objek terlihat berat dan padat. Warna hangat terlihat jauh di depan.

Warna Dingin; Warna dingin terdiri dari biru muda, hijau dan ungu. Identik dengan awan, salju dan bayangan tergelap malam hari. Warna dingin bisa membuat objek terlihat terang dan segar. Warna dingin terlihat jauh di belakang.

Warna hangat juga bisa melompat dari warna dingin yang sudah memudar. Jadi, jika kita ingin membangun kedalaman ilusi, kita bisa meletakan objek warna hangat di latar depan (foreground) dan objek warna yang lebih dingin diletakan di latar belakang (background).

Referensi:
Bahasa, Pusat. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Jones, C.S. 11/02/2015. Anything But Neutral: Using Color to Create Emotional Images. Photography.tutplus.com
Essays,UK. 2015. How to Color Affects Mood and Emotion Film Studies Essay. Nottingham,Inggris: ukessays.com

4 Komentar

avatar

bos boleh beljar ngblog gak ane masih blom ngerti cara naro iklan di blog

avatar

cara naro gimana y ? kalo pasang ya tinggal pasang kode iklanny sbg widget aja gan. apa agan uda daftar ke penyedia iklan ? kalo blum, silahkan daftarkan dulu blogny gan. trims uda mampir.