31 Desember 2014

Home » » » » Cara Menggambar Di Komputer Secara Manual

Cara Menggambar Di Komputer Secara Manual

Oleh: Naufal Fauzy, 31 Desember 2014, 2 komentar

Mengenai menggambar atau melukis di komputer dengan cara manual/natural, saya rasa itu adalah pilihan pribadi setiap pelukis atau sketcher. Namun, karena hobi saya adalah lukisan pensil, jadi ketika saya ingin menggambar dan berhadapan dengan komputer saya selalu teringat lukisan pensil khususnya lukisan pensil wajah. Ini posting saya terkait menggambar wajah: Cara melukis wajah mirip dengan aslinya.

Sebenarnya dalam menggambar atau melukis di komputer secara natural/manual ada beberapa software yang cukup populer, yaitu di corel draw, photoshop, illustrator, art rage studio, paint (microsoft), paint net, dan yang paling populer adalah paint tool SAI. Sedangkan untuk hardware-nya, rata-rata  menggunakan mouse pen dan sejenisnya. Bagi yang belum tahu sejenis mouse pen, gambaran logikanya adalah alat seperti tablet digunakan untuk menggambar manual.

Dari berbagai software yang saya sebutkan di atas ada beberapa aplikasi yang sangat canggih dan berbayar mahal serta dilengkapi fitur-fitur lengkap. Seperti corel draw,illustrator dan photoshop yang terkenal digunakan dalam menggambar vexel atau vector pop art (sejenis WPAP dan lain-lain), anime, komik, graffiti dan lain-lain. Namun dalam hal ini fitur-fitur tersebut percuma saja, karena dalam menggambar secara manual di software cukup memakai tool brush dan sejenisnya saja. Terlebih teknik dalam digital painting itu berbeda.Coba deh baca cara, proses dan teknik gambar digital. 

Kenapa menggambar manualnya di digital?


Alasan kenapa saya memposting persoalan ini adalah adanya beberapa pihak yang menilai lebih dalam karya seni digital yang dibuat secara manual. Salah satunya adalah MasterPieceArt.com. Situs cakupan se-Asia ini mengatakan, dengan digital dalam berkarya bisa berekspresi tanpa keterbatasan di atas kanfas fisik serta bisa berkarya kapan pun dan di mana pun. Ya, setuju atau tidak terserah anda. Itu kata mereka. Namun bentuk situs ini adalah galeri jadi siapa pun bisa men-submit karyanya untuk dipamerkan.

Sebagai bukti, coba anda lihat screenshoot karya terbaik di MasterPieceArt.com
Cara Menggambar Di Komputer Secara Manual: screenshoot masterpieceart.com
Gimana, tertarik menggambar manual di komputer ?

Saya sendiri pun pernah mencobanya namun masih menggunakan mouse PC biasa. Ini cukup menantang dan perlu latihan yang cukup menurut saya. Seperti membuat lukisan pensil bola mata, membuat garis lengkungnya saja susah dan gak rapi. Namun itulah seninya menggambar dengan mouse biasa, ada nilai seni tersendiri dalam prosesnya.

Berikut karya saya yang dibuat cuma beberapa menit di software paint net menggunakan mouse:
Cara Menggambar Di Komputer Secara Manual: Karyaku
Sekian posting cara menggambar di komputer secara manual ini, mohon maaf bila ada kesalahan, dan semoga tulisan ini bermanfaat ^_^.

2 Komentar

avatar

izin share buat belajar.. terimakasih buat informasinya