23 Februari 2017

Home » » Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) 2016 pdf

Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) 2016 pdf

Oleh: Naufal Fauzy, 23 Februari 2017, 3 komentar

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang kadang juga disebut Pedoman Umum EBI atau PUEBI adalah istilah baru pengganti istilah EYD atau PUEYD. Pedoman Umum EBI yang saya lampirkan ini adalah PUEBI edisi keempat (terbaru tahun 2016).Ejaan Bahasa Indonesia (disingkat EBI) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Bisa dikatakan ini adalah EYD paling baru. PUEBI pdf ini berisi bab pemakaian huruf lengkap yang berisi 8 jenis pedoman, penulisan kata yang berisi 11 jenis pedoman, pemakaian tanda baca yang berisi 15 jenis penjelasan pedoman, penulisan huruf serapan dan beberapa lampiran dari pusat pengembang.

Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) 2016 pdf

Perbedaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah sebagai berikut:
  • Penambahan huruf vokal diftong. Pada EYD, huruf diftong hanya tiga yaitu ai, au, oi, sedangkan pada EBI, huruf diftong ditambah satu yaitu ei (misalnya pada kata geiser dan survei).
  • Penggunaan huruf kapital. Pada EYD tidak diatur bahwa huruf kapital digunakan untuk menulis unsur julukan, sedangkan dalam EBI, unsur julukan tidak diatur ditulis dengan awal huruf kapital.
  • Penggunaan huruf tebal. Dalam EYD, fungsi huruf tebal ada tiga, yaitu menuliskan judul buku, bab, dan semacamnya, mengkhususkan huruf, serta menulis lema atau sublema dalam kamus. Dalam EBI, fungsi ketiga dihapus.
Demikianlah sedikit penjelasan tentang PUEBI atau EBI 2016. Nah, bagi kamu yang ingin mendownload versi pdf aslinya, silahkan download di sini.

sumber: Ejaan Bahasa Indonesia (akses:24 januari 2017), Kemdikbud (akses:24 januari 2017)

3 Komentar