21 November 2015

Home » » Cara Membuat Melodi dari Chord Lagu Ciptaanmu ala Jon Smith (Part 1)

Cara Membuat Melodi dari Chord Lagu Ciptaanmu ala Jon Smith (Part 1)

Oleh: Naufal Fauzy, 21 November 2015, 6 komentar

Bicara soal cara atau tips membuat melodi lagu, di sini saya bukan ahli. Namun saya sendiri pun masih belajar. Maka, dengan hadirnya posting ini saya harap kita bisa belajar bareng-bareng soal menulis, membuat, melodi berdasarkan chord lagu yang mungkin saja anda ciptakan sendiri. Kali ini saya memposting tentang menulis melodi berdasar chord dari artikel Jon Smith. Artikel beliau ini mempunyai judul asli: “Tujuh langkah menulis melodi-melodi yang berkesan/Seven step to writing memorable melodies.”

Jujur saja, saya belajar banyak dari artikel ini. Jon Smith juga mengatakan bahwa tips Ini merupakan tips yang paling penting dari semua tips yang ada. Kendati begitu tips ini untungnya tergolong cukup mudah untuk difahami oleh para komposer pemula atau orang-orang yang baru mencoba menulis atau menciptakan lagu. Oiya, tips mencari melodi ini berasal dari chord, jadi kita bisa mempraktikannya apabila kita sedang membuat melodi di gitar, piano, dll.

Sebelum ke inti bahasan artikel ini, kita harus faham dulu apa itu chord. Bagi yang belum tahu, saya akan bahas sekilas dari sudut pemahaman paling familiar tentang chord, mudah-mudahan bisa dimengerti. Saya tidak akan mengarah pada definisi tekstual lebih jauh, karena mungkin saja penjelasan chord ini jadi malah membuat pusing.

Jadi begini, menurut pandangan umum masyarakat indonesia chord itu adalah ‘kunci’, jadi kalau dikaitkan dengan gitar maka artinya adalah ‘kunci gitar.’ Udah, pastilah faham. Contohnya seperti di lagu ‘Kuburan’ tuh, ‘C...A minor, D minor, ke C lagi....dst”. Susunannya adalah C-D-E-F-G-A-B-C, entah itu diawali dari C atau dari F atau dari yang lainnya, tetap susunannya sesuai abjad. Nah itu disebut chord, yang di mana juga digunakan bukan hanya di gitar, tapi juga piano, dan lain-lain.

Apabila anda ingin penjelasan lebih dalam, anda bisa mandiri deh cari di google atau tanya teman anda yang sudah tahu. Aplikasi chord untuk hp atau smartphone sekarang juga sudah banyak tuh. Haha. Oke, langsung saja kita lanjut ke bahasan utama tentang Tips Membuat Melodi berdasarkan Chord berikut ini:

Langkah 1: Fahami Tentang Adanya Interaksi Antara Chord dan Melodi.


Menurut Jon Smith, apabila kita sedang memainkan chord C, maka not melodi yang menonjol dari chord ini ada tiga, yaitu C, E, atau G. Contoh lainnya, apabila chord yang sedang dimainkan adalah G, maka not melodi yang menonjol adalah G, B, dan D. Mungkin ada yang bertanya, “Apa ini ada rumusnya ? Bagaimana cara mengidentifikasi not melodi ini dari chord seperti contoh di atas ?”.

Jon Smith mengemukakan istilah untuk rumus identifikasi not melodi ini, yang disebut dengan istilah: ‘TRIAD’. Menurutnya, ‘TRIAD’ adalah tiga not yang membentuk suatu chord. Kemudian istilah ini juga menggunakan rumus beserta contoh berikut:

‘TRIAD terletak pada susunan not ke-1, ke-3, dan ke-5.’

Misalnya. Jika chord yang dimainkan adalah C, maka kita bisa buat susunan notnya: C-D-E-F-G-A-B-C. Kemudian susunan ini diurutkan dengan angka dari 1 sampai 7. Lalu kita cari saja TRIADnya, gampang kan?. Gak perlu pakai alat musik juga bisa ini mah. Biar lebih jelas lagi, kita bisa perhatikan contoh gambar berikut:

Berikut contoh yang kedua:


Contoh lain apabila pada sebuah lagu. Misal: anda punya lagu ciptaan sediri dengan progresi chord C-G-Am-Em. Kita tinggal identifikasi TRIADnya dari masing-masing chord tersebut yang nantinya kita bisa pilih untuk dijadikan melodi untuk lagu ciptaan tersebut. Gayanya, tergantung kreatifitas pencipta lagu itu sendiri.
Yup !. Nah itu dia tentang Cara Membuat Melodi berdasarkan Chord Lagu. Tapi ini baru part 1 dan kita akan lanjut ke part 2 nanti. Terimakasih, semoga bermanfaat. (**)

Sumber:
#Jon Smith. Seven step to writing memorable melodies. music.tutsplus.com. #Bantuan Kamus: Kang Jaim. 2004. Indonesian Dictionary. SatuVisi Indict Freeware Edition.

6 Komentar

avatar

Masih bingung bang

avatar

Masih bingung bang

avatar

Nah udh paham cara buat melodi, berdasar kan achrod..
Thank info nya...

avatar

mantap bos sngat brmanfaat...klo bisa gambar nada di atas posting semua nya dong bos...biar tambah paham lagi...