11 Mei 2015

Home » » » Gokil: Surat Bahasa Sunda Pertama Yang Kutulis

Gokil: Surat Bahasa Sunda Pertama Yang Kutulis

Oleh: Naufal Fauzy, 11 Mei 2015, 1 komentar

Beberapa waktu lalu, ane menemukan buku-buku kusam di reruntuhan rumah. Ketika ane liat dan baca-baca, itu membuat ane ketawa aja kayak orang gila. Karena buku yang ane baca itu adalah buku Bahasa Sunda ane waktu pas SMP. Kebayang itu tulisan udah berapa ratus tahun yang lalu bila diitung-itung dari sekarang ini ane sedang menginjak kuliah semester akhir. Hahaha. :D

Tulisan itu adalah surat Bahasa Sunda dimana sekarang diri ane sendiri gak bisa ngebayangin, kok bisa ane nulis surat kayak gitu ?. Gokil. Pokoknya yang masih ane inget surat sunda itu ditulis saat latihan bikin Surat Sunda yaitu tugas dari guru ane waktu itu. Surat itu berisi cerita ane yang lagi menuntut ilmu di Bandung. Eh. Pada kenyataannya emang ane ngelanjutin kuliah di Bandung. Wah kayaknya ane punya bakat ngeramal. Hehe. 

Ini dia surat Bahasa Sunda gokil buatan ane yang ane maksud. Ane share aja, siapa tau bermanfaat. Di samping ane lagi sumpek gak ada ide nulis buat posting blog akhir-akhir ini. Heu. Sssst ane tulis tanpa sensor ato pun revisi nih.

Sukabumi, 10 Desember 2000.

Kahatur Bapak pun Biang
Di Cibinong

Assalaamualaikum wr wb.

Dina sumpingna serat ieu, kahijina Nopal sono ka Bapak di bumi. Salian ti éta abdi di Bandung gaduh waktos badé uih insyaalloh sasih payun mung abdi téh seueur kénéh padamelan nyaéta tugas anu teu acan réngsé sareng abdi badé ngiringan kursus anu sasasih lamina. Ngabaktos iuran dina raraga dikawitana kursus, sa ageung lima puluh rebu rupia. Ku kituna nyuhunkeun énggalna baé ngémut pentingna tugas dina sasih ayeuna.

Rupina ieu serat ti Nopal dicekapkeun. Hapunteun bilih aya cariosan anu teu raos kana manah Bapak pun Biang. Diantos artosna.

Wassalam.


Baktos Putra,
Nopal Pauji.

Hahaha gelo :D, apa coba ‘diantos artosna’ ?. Pokoknya bagi agan-agan yang nyari contoh surat Bahasa Sunda yang baik dan benar, ini bukan salah satunya. (**)
Gambar: letter.homeshow.info.
Gokil: Surat Bahasa Sunda Pertama Yang Kutulis


1 Komentar:

avatar

Gokil gokil......ngerti sih sedikit sedikit, walaupun bukan orang sunda