09 Januari 2015

Home » » » » Cara Mengirimkan Karya Gambar ke Media Massa Koran

Cara Mengirimkan Karya Gambar ke Media Massa Koran

Oleh: Naufal Fauzy, 09 Januari 2015, 35 komentar

Cara Mengirimkan Karya Gambar ke Media Massa Koran – Bagi yang hobi menggambar, toh itu bentuknya karikatur, komik strip, manga dari lukisan pensil, hingga digital painting, pasti menginginkan adanya penghasilan dari karya-karyanya. Nah, untuk itu, selain menerima pesanan, ada juga cara lainnya yaitu dengan mengirimkan karya gambar kamu ke media massa cetak koran. Untuk memaksimalkan pendapatan honornya kita bisa melirik media massa yang besar yaitu koran dengan cakupan nasional.

Ada banyak sekali media cetak nasional yang besar dan berkredibilitas tinggi yang biasanya diburu para pengirim tulisan seperti cerpen, puisi dan artikel karena honornya dinilai cukup memuaskan. Namun, adakah dari mereka yang menyediakan ruang atau rubrik khusus menerima kiriman karya gambar dari luar ? Jawabannya adalah ‘ada’ namun jumlahnya lebih sedikit ketimbang ruang rubrik tulisan. Namun tidak ada salahnya jika kamu coba, siapa tahu gambar karya kamu terbit dan eksis di sana, kamu juga bakalan dapat honor.

Bagaimana cara mengirimkan karya gambar ke media massa koran ?


Untuk caranya, biasanya pihak media koran dirubriknya menyediakan pesan singkat tentang penerimaan karya atau tulisan, namun ada juga yang tidak melampirkannya (mereka biasa menyediakan infonya di fans page jejaring sosial). Oke, diposting ini saya akan membahas cara paling mudah mengirim karya gambar ke Koran Media Indonesia dan Kompas yaitu via email.

1.Creative Move – Media Indonesia

Kirim karya kamu ke email move@mediaindonesia.com dengan keterangan sebagai berikut:
  • subject diisi=  Creative Move – ‘judul karya kamu’;
  • Isi email diisi= Judul karya kamu, nama lengkap kamu, nama sekolah/universitas, no HP kamu (nanti kalo karya kamu terbit bakal disms, minta no rekening kamu buat honor);
  • Terakhir jangan lupa lampirkan karya gambar kamu sebagai lampiran email.
Rubrik move ini terbit setiap hari minggu, berisi semua kupasan tentang pelajar dari SMA sederajat hingga mahasiswa.

2.Komik Muda – Kompas

Dari nama ruang rubriknya saja sudah ketahuan. Ini adalah ruang untuk kamu yang suka menggambar komik, baik secara manual maupun digital. Berada pada halaman Kompas Muda, terbit setiap hari jum’at, namun tema komiknya setiap bulan berbeda, karena ditentukan oleh pihak redaksi kompas. Makanya kamu harus selalu update koran kompas tuh. Caranya ngirimnya sebagai berikut:
  • Kirim karyamu ke email kompasmuda@gmail.com
  • Subject diisi= Komik Muda – ‘judul karya kamu’ – Tema: ‘nama tema bulanannya
  • Isi email : judul karya kamu, nama lengkap kamu, alamat lengkap kamu, nama sekolah kamu, dan nomor telepon/HP kamu.
  • Lampiran email diisi oleh karya gambar kamu.

Syarat-syarat mengirim karya gambar ke media massa koran


Dari kedua media massa cetak yang dibahas di atas, merupakan cara-cara yang biasa saya gunakan dalam mengirim emailnya. Nah untuk syarat-syaratnya, ada aturan yang ditetapkan media tersebut ada juga yang tidak. Maka dari itu saya rangkum saja dan share semuanya biar semua pada tahu, siapa tahu berpahala. He.

1.Creative Move – Media Indonesia

Kalo saya perhatikan, setiap karya yang diterbitkan selalu berbentuk segi empat sama sisi. Jadi jika kamu mau membuat karya untuk MI, buatlah gambar karya dengan segi empat sama sisi. Gambarnya bisa lukisan pensil yang di-scan, ataupun digital art. Kamu juga bisa baca cara edit lukisan pensil atau gambar hasil scan dengan photoshop.

Hasil akhir berformat JPG atau PNG. Menurut hemat saya, ukurannya jangan sampai kurang dari 1 mb, agar karya gambar kamu jelas dan tidak buram nanti saat diterbitkan, malahan pihak redaksinya bakal berpikir dua kali untuk menerbitkan gambar kamu jika gambarnya terlalu kecil dan pecah-pecah. Karyanya bisa berupa karikatur maupun komik atau berjenis gambar lain.

2.Komik Muda – Kompas

Kalo di komik muda, bentuknya kaya komik jepang aja, Yaitu seperti kertas HVS atau A3 yang 1 halaman penuh digambar komik. Bisa berisi komik yang dibuat manual maupun digital. Format digitalnya seperti yang ditulis di halaman kompas muda yaitu 300 dpi, cmyk dan berekstensi JPG (tapi kalo menurut saya asal tidak kurang dari 1 mb saja ukuran file-nya, itu saja uda cukup)

Tips agar karya gambar kamu bisa terbit


Oke saya buka rahasianya. Jadi gini, dalam karya gambar di media itu beristilah ada makna dan seni gambarnya. Menurut pengalaman saya, karya yang kamu buat harus berisi 60% makna pesan gambar dan 40% kualitas seni gambar. Kenapa ? karena media massa itu identik dengan menyampaikan pesan. Makanya makna dianggap lebih penting, namun dalam hal ini harus didukung gambar.

Contoh karya saya tentang hukum, terbit di Media Indonesia
Biasanya koran itu berisi hal-hal yang up to date (terbaru). Kamu bisa memilih berita yang  up to date itu dengan melirik headline-nya atau hot topiknya (hot topik pemberitaan di media itu di ambil dan dipilih dalam rapat redaksi, jadi ini gak sembarangan). Nah barulah hal itu kaitkan dengan karya gambar kamu. Lalu pastikan gambar kamu memiliki pesan yang kuat, entah itu tentang pemerintahan, kebudayaan, pendidikan dan lain-lain tergantung hot topik.

Namun jika  anda kesulitan membuat gambar kaya akan pesan yang dikaitkan dengan hot topik pemberitaan, anda buat saja gambar yang kaya akan pesan saja tanpa dikaitkan hot topik. Karena dalam hal ini yang paling utama adalah pesan dari gambar kamu. Redaksi tak akan memperhatikan gambar kamu kalo gambarnya tanpa makna pesan yang jelas atau geje.

Semakin dalam pesan semakin baik apalagi kalo didukung gambar yang bagus, beuh apalagi, mantap itu mah. Kalo ide pesan, kamu bisa temukan di buku, film atau status facebook twitter orang juga bisa. Kamu bisa baca pengalaman pertamakali karikatur saya terbit dulu banget di MI walau gambarnya masih jelek tapi pesannya lumayan. 

Honornya berapa ya ?


Hahaha....untuk honor, kalo di Media Indonesia itu per gambar dihargai Rp200.000 sedangkan di Kompas, per komik dihargai Rp450.000. Gimana ? mantap gak tuh honornya. Lumayan kan buat ongkos tambahan. Hehe. Ini tuh bukan kata orang atau siapa pun, tapi menurut pengalaman saya sendiri. Kalo masih gak percaya, alami aja sendiri.

“Saya tidak akan share apa pun yang tidak saya ketahui”. Mantap dan semoga bermanfaat.

*Update: MI tidak lagi menerima karya gambar dari luar.

35 Komentar

avatar

gmana update tema kompas??

avatar

Beli korannya. Semua infonya ada di sana. Rubrik Komik Muda kompas ada di setiap hari jumat.

avatar

Maksudnya per komik itu gimana gan? per lembar atau per buku?

avatar

Perlembar gan, satu halaman (cerita pendek langsung tamat)

avatar

ooo, thanks gan atas jawabannya

avatar

Ukalo untuk model supaya jadi terkenal gimana

avatar

boleh minta kontaknya kang ?

avatar

Maaf kang, kontak siapa ya ?. Kalo kontak media koran bahasan artikel ini udah saya lampirkan di atas kang.

avatar

Duh Gan, pertanyaannya gak nyambung ama bahasan artikel. Lagian soal itu saya kurang tahu.

avatar

minta KOntaknya kang Naufal Fauzy dong ,pin nya boleh kang

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

gan, kalau manual gimana cara ngirimnya? apa harus difoto dulu?

avatar

Scan dulu gan. Trus edit pake photoshop.

avatar

Bro, kalo kita udah ngirimkan gambar ataupun komik ke MI.... apa nanti MI membalas kiriman kita

avatar

Biasanya saya dulu enggak gan. Ntar aja kalo gambar kita terbit, mereka nge-sms minta no rekening.

avatar

Kenapa email MI nggak bisa ngirim .... invalid email ny.. ak mengirim nya pake gmail

avatar

Kak, kalo kita kirim tentang phsycedelic gitu gimana ya? Wajar atau kurang ajar?

avatar

gan bagaimana kirim komik saya ke koran?

avatar

komik saya seperti anime gan? bisa nggak pok?

avatar

Ada tema bulanannya gak, gan? Atau bebas nih... yang penting bermakna dan bermanfaat?

avatar

Berarti kita itu ngambar terus di scan

avatar

Berarti kita itu ngambar terus di scan

avatar

Di komik muda , genrenya ceritanya boleh yang tentang cinta ga?

avatar

Tema ditentukan oleh kompas tiap bulannya gan. Untuk ngecek, silahkan beli dulu harian kompasnya, gan. Makasih udah bekunjung :-d

avatar

Kalau tidak ada mesin scan gimana gan? Tolong tipsnya,atau kalo difoto gambarnya trus di edit dicom trus di kirim ke email bisa ga?

avatar

Bisa gan, tapi kulitas fotonya mesti bagus, perhatikan juga pencahayaannya. Makasih udah bekunjung.

avatar

thank you gan buat postingannya :-d

avatar

kalau komiknya bersambung misal terbit tiap seminggu 1 kali dihati tertentu. apa ktu bisa diterima sama media korannya ?

avatar

harus dari sekolah atau kampus yah? kalo umum boleh dari umum boleh ga?

avatar

ngga ada mesin scan ,, cuma modal hp , gimana gan ?!

avatar

gan boleh gak masukin kaya guyonan atau humor2 yang lain diluar topik dari koran??? atau komik kaya buat anak2 atau remaja?? tolong sarannya