25 Desember 2014

Home » » 7 Aturan Menulis Skenario Film Pendek

7 Aturan Menulis Skenario Film Pendek

25 Desember 2014, 10 komentar

Skenario film pendek itu bisa menjadi pusaka bagi filmnya. Kenapa ? Karena penulis skenario film pendek dalam prosesnya, butuh keterampilan yang sama persis seperti penulis naskah film layar lebar biasanya, meskipun ini skala-nya lebih kecil. Dengan teknologi yang baru-baru ini berkembang, filpen kini mulai banyak diminati masyarakat, hingga mereka ramai-ramai memposting karyanya di internet.

Sebelum membuatnya biasanya buat dulu satu ide, lalu kemudian dituangkan ke teks script atau naskah. Kemudian barulah ke tahap proses produksi. Namun, tetap masih ada juga tahapan lain yang mesti diperhatikan. Ok, dalam membuat skenario film pendek, ada 7 aturan yang
saya simak dari raindance.org, yang tulis oleh Joalland Stephanie. Saya juga tidak begitu tahu tolak ukur aturan ini dari mana, tapi saya share aja, siapa tahu bermanfaat. Langsung saja, bagaimana cara membuat skenario film pendek ? berikut ulasan 7 aturan dalam penulisan script-nya:

1.Semakin pendek semakin baik

Biasanya filpen itu berdurasi 15 detik sampai 45 menit. Buatlah filpen-mu sependek mungkin, terlebih nanti saat produksi bisa memakan ongkos yang lebih murah, eit tapi jangan terlihat murahan. Terkait hal itu, alternatifnya adalah teknologi digital dan software-software komputer. Ini bisa menunjang kualitas filpen anda.

Lalu ada lagi rahasianya kenapa harus sangat pendek, yaitu Festival Film Pendek Internasional. Kalau mau ikutan festival, pastikan filpenmu jangan sampai berdurasi lebih dari 10 menit ! Karena mereka suka melirik filpen yang sependek mungkin namun berkualitas. Jika filpen kurang dari 10 menit, biasanya skenario film nya ditulis maksimum 7-8 halaman.

2. Tulislah cerita yang mudah

Hal yang hebat tentang filpen adalah ceritanya itu bisa apa saja. Namun, jangan membuang daya praktis atau kemudahan dalam produksi anda. Misalnya naskah film dengan cerita adegan aksi kejar-kejaran, kecelakaan mobil, kebakaran dan lain-lain. Banyak penulis tampaknya tidak menyadari betapa lamanya waktu dan banyaknya biaya dikeluarkan dalam produksi. Contoh terbaik adalah short movie asia ‘Just A Love Story’ berlangsung hampir seluruh adegannya berada di dalam lift. Maka tulislah lokasi semenarik mungkin namun praktis, pikirkanlah akses dan kontrol.

3. Buatlah se-visual mungkin.

"Film adalah media visual disertai audio”, meski pun dulu sempat ada film bisu. Sebuah Film itu menceritakan kisah-kisah dalam gambar. Buatlah gaya artistik visual untuk karakter di filpen anda. Ini berfungsi untuk mengeksternalisasi atau penekanan visual pada temperamen karakter, profesinya, statusnya dan lain-lain.

Contohnya dalam filpen ‘Lunch Date’, ada wanita bergaya mewah yang mempoles garpu makannya sebelum ia gunakan untuk makan siang. Apa persepsi anda tentang wanita ini ? Coba anda bayangkan,  bagaimana tidak filpen tanpa dialog ini, memenangkan Academy Award untuk film pendek terbaik live action.

4. Carilah momen tunggal untuk film anda

Film-film pendek terbaik sering menampilkan momen tunggal. Maksudnya ? Maksudnya adalah adanya konflik yang harus diselesaikan, di mana ada dilema yang dipertaruhkan dan pilihan yang harus dipilih si protagonis. Upayakan untuk menambah batas waktunya, atau detakan jam. Sebenarnya ini tidak terlalu dibutuhkan tetapi bisa menambahkan ketegangan di skenario film anda. Filpen 'On Time' adalah contoh yang baik dari kondisi ini. Ini bercerita tentang seorang pemuda patah hati yang bisa mengintip ke masa depan dan dia harus melakukan sesuatu karena hal itu.

5. Ceritakan kisah yang menarik

Anda harus selalu mencoba untuk menceritakan kisah-kisah menarik. Filpen itu merupakan suatu kesempatan besar dalam mendorong batas-batas cerita yang bisa menarik bagi penonton. Contohnya adalah 'Sarah Jane'. Film ini menunjukkan sekelompok remaja di kota hantu zombie, namun pada intinya itu adalah kisah cinta tentang seorang anak muda yang tidak bisa mendekati wanita ia cintai.

6. Libatkanlah pembaca

Jika anda menulis dan membuat kesan tertentu dalam satu halaman dirasa penting, sepertinya yang lebih penting adalah menghubungkan pembaca dalam 10 halaman pertama dalam naskah film pendek. Namun, ending juga penting, karena mampu memberi makna dan rasa puas di akhir.

7. Waspadalah terhadap klise

Ada banyak klise dalam filpen. Kenapa semua orang menulis tentang pembunuh bayaran yang disewa, perampokan, orang melihat dirinya meninggal dan lain-lain. Hindarilah stereotipe. Itulah yang dilakukan 'Descendent'. Dalam filpen ini beberapa pria sebenarnya bingung karena harus membunuh seorang anak kecil yang lucu dan salah satu dari mereka mendapati kaki anak itu dingin sekali. Sampai ia sadar bahwa anak itu adalah makhluk gaib.

Jadi, tulislah apa yang sudah akrab dengan anda, daripada menulis sesuatu dari film-film lain. Jangan menghindari cerita-cerita kecil, filpen adalah karya yang sempurna untuk mereka yang mau menceritakan kisah-kisah kecil sebagai penulis profesional.

Terakhir, tontonlah short movie/filpen sebanyak mungkin, pelajari sebagai audience untuk membantu menulis, dan pikirkanlah feeling-nya.

Sekian posting tentang menulis skenario film pendek kali ini, semoga bermanfaat ^_^.

Sumber: 
Joalland,Stéphanie.2013.7 rules for writing short films.Raindance Toronto,Canada
Via: raindance.org
10

10 komentar:

  1. makasih om ^^
    sangat membantu ^^

    BalasHapus
  2. mkasi

    sangat membantu
    soal'a pertama kalinya buat naskah filpen :)

    BalasHapus
  3. Wah keren, izin salin ke blog saya ya...

    kebetulan tema nya sama, mampir ya

    http://mazdiasbikinfilm.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh gan, asal link sumber dilampirkan. Mau link aktif atau nonaktif terserah agan, yang penting ada utk keabsahan data yg bisa dipertanggungjawabkan. Biar kayak akademisi,,,hehe.

      Hapus
  4. Konten bahasannya keren, langsung mengena ke sasarannya. Berbagi cerita gan,.. mampir ke alamat saya ya salam kenal ...

    http://menuliscerita4u.blogspot.co.id/2016/01/menjadi-penulis-skenario-otodidak-itu.html

    BalasHapus
  5. Maaf, numpang promosi kakak...
    Tonton film pendek kami yaa, dgn judul "Aman-ah". Film yg kami buat adalah film-film yg menjurus pada pendidikan karakter, semoga dgn menonton film kami, kalian bisa mengambil hikmah yg terdapat pada film ini, aamiin...
    Bantu juga untuk Like, Comment, Subscribe, dan Share yaa... :-)
    Terimakasih kakak...
    https://youtu.be/ggdKTkdk4PY

    BalasHapus