07 Desember 2014

Home » » Teknik Melukis Menggunakan Magnet

Teknik Melukis Menggunakan Magnet

Oleh: Naufal Fauzy, 07 Desember 2014, 0 komentar

Ini dia teknik melukis yang simple namun menyenangkan bila dilakukan dengan si kecil. Karena rata-rata anak-anak terpesona dengan gaya tarik-menarik magnet hingga mereka percaya bahwa daya tarik magnet adalah sebuah sihir. Meskipun magnet memang luar biasa, tapi sifatnya adalah murni ilmiah.

Berikut adalah kegiatan yang memadukan seni dan ilmu pengetahuan dengan menggunakan magnet, cat, dan benda-benda yang ditemukan di sekitar rumah anda untuk membuat sebuah karya lukisan.

Peralatan yang dibutuhkan:
  1. kayu blok
  2. Sepotong karton yang tebal
  3. magnet
  4. Benda metal (besi) seperti mur, ring, baut dan lain-lain.
  5. benang
  6. Cat cair lebih dari satu warna
  7. solatip
  8. kertas kosong
  9. Mangkuk kecil atau apapun untuk wadah cat.
Caranya:
  1. Solatip selembar kertas kosong ke selembar karton. Kemudian letakan di atas blok kayu agar tinggi (dibuat seperti meja). Pastikan ada ruang yang cukup di bawah karton untuk tangan anak/adik anda.
  2. Tempatkan ring baut(atau benda besi lainnya) di atas secarik kertas tersebut. Berikan si kecil sebuah magnet dan katakan padanya untuk menempatkan magnet tersebut di bawah karton. Biarkan dia menggerakan magnetnya agar ring bautnya bergerak.
  3. Katakan kepada anak/adik Anda bahwa magnet itu telah menarik ring baut dengan gaya yang cukup kuat.  Lalu tunjukan padanya  cat dan benang, katakan bahwa dia akan menggunakan magnet dan benda logam itu untuk membuat sebuah karya lukisan.
  4. Biarkan anak/adik anda memilih 2-3 benda logam yang akan digunakan untuk proyek-nya. Bantu dia mengikat benang dengan benda logam tersebut yang nanti dicelupkan ke dalam cat.
  5. Selanjutnya biarkan si kecil menempatkan benda logamnya di atas kertas dan tahan magnet di bawah kartonnya (magnet harus menyentuh karton) lalu gerakan sesuai keinginan. Magnet akan "melukis" sebuah karya dengan benda logam yang ikut bergerak di atas kertas yang tadi diberi cat.
  6. Untuk bersenang-senang, biarkan si kecil mengambil benda logamnya, celupkan ke dalam cat lagi, dan melukis lagi. Cobalah gunakan berbagai warna cat untuk membuat hasil karya yang unik.
Ini sangat mudah dilakukan, terlebih kegiatan ini bisa menjadi pengalaman yang unik dan mengesankan bagi anda dan si kecil. Berikut contoh hasilnya.
Keterampilan Seni untuk Anak: Melukis Menggunakan Magnet
*ctt: Kegiatan melukis ini juga bisa dilakukan menggunakan meja tipis atau meja kaca.

Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel original ditulis oleh:  Latrenda Knighten. Latrenda Knighten telah menghabiskan 19 tahun mengajar di berbagai kelas sekolah dasar, dari TK hingga kelas lima SD. Selama sembilan tahun-tahun  ia mengajar di TK. Dia juga menjabat sebagai guru matematika Sekolah Dasar dan sains spesialis. Dia tinggal di Baton Rouge, Louisiana.