31 Desember 2014

Home » » » Pengertian Komunikasi Massa dan Karakteristiknya

Pengertian Komunikasi Massa dan Karakteristiknya

Oleh: Naufal Fauzy, 31 Desember 2014, 1 komentar

Pengertian dan Karakter Komunikasi Massa 

Definisi menurut para ahli: Komunikasi Massa menurut Bittner adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Menurut Gerbner, kommas adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri.

Meletzke: kommas diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak
langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.

Menurut Wright, Kommas diarahkan kepada khalayak yang relatif besar, heterogen, dan anonim; pesan disampaikan secara terbuka, seringkali dapat mencapai kebanyakan khalayak secara serentak, bersifat sekilas; komunikator cenderung berada atau bergerak dalam organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya besar.

Severin & Tankard Jr: Kommas adalah sebagian keterampilan, sebagian seni,  serta sebagian ilmu diartikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak secara tersebar, heterogen, dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima  secara serentak serta sesaat (Rakhmat, 2003:189)

Berikut Karakter Komunikasi Massa:

  1. Komunikator terlembagakan
  2. Pesan bersifat umum
  3. Komunikannya anonim dan heterogen
  4. Media massa menimbulkan keserempakan
  5. Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan
  6. Bersifat satu arah
  7. Stimulasi alat indra terbatas
  8. Umpan balik tertunda (delayed) dan tidak langsung (indirect)
Sumber:
A. Aziz ma’arif, s. sos., m.si. UIN BDG

1 Komentar: