03 September 2014

Home » » Tips Pengambilan gambar saat shooting film

Tips Pengambilan gambar saat shooting film

Oleh: Naufal Fauzy, 03 September 2014, 0 komentar

Seorang Movie maker atau pembuat film harus punya pemahaman tentang apa yang bisa membuat gambar itu bagus jika akan memproduksi video/film.
 

Berikut poin-poin penjelasan teknik-teknik yang mungkin berguna bagi para pembuat film.

1.Gambar berikut komposisinya jelek. Penonton sepertinya dibiarkan mencari di dalam layar untuk menentukan sendiri titik terpenting di dalamnya.
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
Sedangkan gambar berikut memberikan pesan yang jelas. Keseimbangannya jelas, tanpa
menyisakan ruang kosong.
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
Salah satu metode sederhana mengenai komposisi dinamakan Trianjulasi. Seperti contoh berikut. Pusat terpenting dari gambar ditempatkan pad puncak segitiga dengan elemen kunci lainnya berada pada bagian bawah atau dasar dari frame gambar. Dalam gambar di bawah, kepala burung seharusnya berada paling atas dan ujung bawah dari tanah ada pada dasar layar.
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
Trianjulasi
2.Secara artistik pusat geometri pada gambar tidak selalu merupakan posisi paling baik untuk dijadikan pusat perhatian. Jika gambar atau layar dibagi dalam tiga bagian, vertikal dan horizontal, maka ke empat titik pada persilangan garis paling tengah merupakan titik yang paling bagus untuk menempatkan pusat perhatian. Hal itu disebut Golden Mean.
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
Golden Mean berada pada titik garis yang bersilangan
3.Teknik lainnya yang cukup bermanfaat pada komposisi gambar adalah dengan menggunakan sesuatu seperti pohon atau ranting pohon untuk memberikan bingkai atau pinggir dari gambar. Ini akan menarik penonton untuk mengamati titik penting yang ada di seberangnya.  Seperti contoh berikut:
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
4.Cara pengambilan gambar video yang menarik adalah bermain fokus. Fokus pada satu objek sementara objek kedua kabur (blur), kemudian fokus dipindahkan sehingga objek kedua kini menjadi fokus sementara objek pertama berubah menjadi kabur.

5.Ruang kosong di atas kepala adalah hal yang alamiah. Kerena ruang ini harus di sertakan dalam pengambilan gambar, namun jangan terlalu luas. Ruang kepala jangan diterapkan jika menfilmkan subjek dengan close up atau dekat sekali.
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
Ruang atas kepala terlalu luas
Tips Pengambilan gambar saat shooting film
Ruang atas kepala yang pas
6.Jika seseorang dalam gambar menunjuk arah maka haruslah disisakan pada ruang tersebut. Ruang ini sering disebut nose room. Tanpa ruang ini gambar akan terlihat tidak seimbang.
7.Ruang arah berjalan merupakan jarak yang tersisa ketika seseorang bergerak ke suatu arah. Jika ruang ini tidak disisakan, maka orang yang berjalan tersebut terkesan seperti akan menabrak frame gambar.
Ruang arah berjalan
8.Gambar dekat dan gambar sangat dekat merupakan elemen utama dalam bahasa visual video. Penonton ingin melihat dengan jelas apa yang sebetulnya tengah terjadi. Karenanya sangat penting untuk menaruh perhatian pada kedua elemen ini ketika melakukan pengambilan gambar.
 

Sumber: Youtube.