24 Agustus 2014

Home » » Pengertian resensi film

Pengertian resensi film

Oleh: Naufal Fauzy, 24 Agustus 2014, 0 komentar


Resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu revidere atau recensere. Artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai. Pada bahasa Belanda, dikenal dengan istilah recensie. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review. Namun di Indonesia kata “Resensi” sudah biasa digunakan untuk membahas karya-karya intelektual yang telah disiarkan oleh media. Seperti karya tulis buku, koran, majalah, atau website. Karya film di bioskop, televisi, atau website. Karya teater, dalam pementasan panggung.

Jadi, Resensi Film adalah kupasan atau bahasan mendalam mengenai sebuah film yang telah disebar melalui media. Di dalam resensi, mengandung kritik membangun. Maka bagi para pencipta karya seni, termasuk film, harus siap dikritik pada saat menciptakan sebuah karya. Kritik itu sehat. Manusia akan lebih terhormat mendapat kritikan atas karya-karyanya,
dibandingkan manusia yang tidak pernah dikritik karena tidak pernah melahirkan karya apapun.

Tujuan utama membuat resensi film adalah sebagai wujud apresiasi terhadap para sineas  yang telah melahirkan karya berupa film. Selain itu, resensi film juga bertujuan untuk memaparkan pemahaman komprehensif  dari  film tersebut. Penulis resensi bisa mengajak para penikmat film lainnya untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena  yang muncul dalam film tersebut. Dari semua itu,  pada akhirnya sebuah resensi film diharapkan bisa memberikan pertimbangan kepada calon penonton atau penikmat film, dan memberikan masukan yang sangat berharga kepada masyarakat dalam memilih film. 

Sumber:
Dhipa Galuh Purba 
Judul artikel asli: 'Menakar Pentingnya Sebuah Resensi Film', yang diposting di FestivalFilmBandung.com.