30 Agustus 2014

Home » » Panduan Job Training Mahasiswa Jurnalistik

Panduan Job Training Mahasiswa Jurnalistik

Oleh: Naufal Fauzy, 30 Agustus 2014, 0 komentar

A.Materi 

Materi job training jurnalistik adalah teori-teori ilmu jurnalistik sebagaimana termuat dalam komponen mata kuliah keahlian khusus.
Panduan Job Training Mahasiswa Jurnalistik
Meliputi: 1.komunikasi grafis, 2.bahasa jurnalistik, 3.manajemen surat kabar, 4.penulisan feature, 5.penulisan laporan mendalam, 6.perbandingan sistem pers, 7.jurnalistik radio dan tv, 8.jurnalistik foto, 9.jurnalisme pembangunan, 10.penulisan berita, 11.wawancara, 12.sejarah pers nasional, 13.penulisan artikel dan tajuk rencana, 14.reka bentuk surat kabar, 15.hukum dan etika pers, dan 16.kapita selekta komunikasi.
 

B.Bentuk dan wilayah job training
 

Job training jurnalistik merupakan bentuk dan aktualisasi mata kuliah keahlian khusus ke dalam kegiatan empirik. Dalam rangka aplikasi dan aktualisasi tersebut, seluruh mata kuliah keahlian khusus dipandang sebagai satu kesatuan terpadu.
 

Job training jurnalistik difokuskan pada media massa cetak maupun elektronik. Kaegori bentuk dan cara job training jurnalistik disusun sebagai berikut:
 

Bentuk kegiatan: Jurnalistik
 

Pokok Kegiatan: Mengaplikasikan teori dan teknologi jurnalistik baik cetak maupun elektronik.
 

Cara: Riset reportase, wawancara, penyusunan draft editing (catatan: cara ini dilakukan dengan memperhatikan perbedaan karakteristik mereka/media.
 

Lokasi: media massa meliputi surat kabar/tabloid, majalah, media online, siaran radio dan siaran televisi.
 

C.Laporan job training 

Laporan job training merupakan laporan terltulis mengenai proses kegiatan kerja lapangan yang dibuat setelah selesai job training desain job training. Laporan berisi penjelasan proses kegiatan kerja lapangan yang dilakukan oleh job trainee sesuai dengan tahapannya.
 

Format laporan job training jurnalistik sebagai berikut:
 

1.Cover: Judul; di bawah judul ditulis ‘Laporan Job Training Jurnalistik’; nama penyusun laporan berikut nomor induk mahasiswa (NIM); identitas fakultas institut dan tahun.
2.Lembar persetujuan: Judul;  nama penyusun laporan berikut NIM; menyebutkan kalimat ‘Laporan Job training ini telah disetujui oleh pembimbing job training dan diketahui oleh ketua jurusan serta ditanda tangani.
3.Kata pengantar
4.Daftar isi
5.Isi laporan: Pendahuluan; tinjauan pustaka; kondisi objektif lokasi; pelaksanaan program job training.
6.Daftar pustaka.
7.Lampiran.
 

D.Seminar job training 

Tujuan:
 

Mempersentasikan hasil temuan selama job training. Menerima informasi baru seputar dunia kerja. Untuk mempersiapkan tenaga yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.
 

Untuk memperoleh umpan balik sebagai bahan pengayaan materi kuliah, penyempurnaan kurikulum dan sumber inspirasi bagi pengembangan akademik. Untuk memperoleh bahan masukan bagi peningkatan dan perluasan kerja sama dengan stakeholder (lembaga terkait). **

Sumber: Panduan PPM dan Job Training, Fidkom UIN Bandung, 2013.