24 Agustus 2014

Home » » Langkah-langkah Membuat Resensi Film

Langkah-langkah Membuat Resensi Film

Oleh: Naufal Fauzy, 24 Agustus 2014, 1 komentar

Pertama-tama tentunya harus mengenali film yang akan diresensi. Artinya harus menyimak atau menonton filmnya terlebih dahulu. Kuncinya jangan lupa, bahwa penulis skenario harus sigap untuk menonton. Jangan sampai film sudah tidak tayang di bioskop, resensinya baru ditulis, meskipun tetap saja bermanfaat.

Memilah unsur ekstrinsik dan intrinsik dalam film. Hal yang termasuk dalam unsur intrinsik adalah tema film, plot, alur, latar tempat, konflik, penokohan, tata suara, musik, dan segala hal yang nampak dalam film tersebut. Sedangkan unsur ekstrinsik meliputi latar belakang para sineas dibalik film tersebut, baik yang tergabung dalam tim sinematik maupun non sinematik.

Singkatnya, yang termasuk dalam tim sinematik adalah orang-orang yang berhubungan langsung dengan sinematografi. Yakni, tim yang bekerja dalam pengambilan gambar dan suara dalam film tersebut, terutama sutradara, penulis skenario, dan para aktor/ aktrisnya.
Pada saat pengambilan gambar, penulis skenario memang tidak perlu terlibat langsung di lapangan, tapi naskahnya menjadi rujukan sutradara. Maka jelas penulis skenario pun termasuk dalam tim sinematik.

Sedangkan tim non-sinematik adalah orang yang sama-sekali tidak terlibat dalam pengambilan gambar dan suara, tetapi tetap berpengaruh dalam proses pembuatan film. Diantaranya produser, unit manager, dan marketing. Bahkan khusus bagi produser, meskipun tidak terlibat dalam pengolahan film, tetapi perannya cukup signifikan. Sebagai penyandang dana, produser bisa saja memaksakan keinginannya dalam film tersebut.  

Maka, alangkah baiknya jika seorang produser merangkap menjadi sutradara. Sebab, ia akan memahami film yang akan dibuatnya dengan pertimbangannya sebagai pengusaha dan seniman. Berbeda dengan seorang produser  yang orientasinya hanya keuntungan belaka. Perlu dipelajari latar belakang tempat tinggalnya, hal yang berkaitan dengan sosial budaya, pandangan ideologinya, agamanya, ekonominya, pendidikannya, dan jejak rekam lainnya yang bisa dikaitkan dengan film tersebut.  

Sumber:Dhipa Galuh Purba Judul artikel asli: 'Menakar Pentingnya Sebuah Resensi Film', yang diposting di FestivalFilmBandung.com.

1 Komentar:

avatar

Gan, kalo bisa ditulis sama contohnya he he