31 Agustus 2014

Home » » » » » 3 Software Pembuat Soundtrack / Backsound video

3 Software Pembuat Soundtrack / Backsound video

31 Agustus 2014, 14 komentar

Dalam penggunaan terminologi industri film, sound track adalah rekaman audio yang dibuat atau digunakan dalam produksi film atau pasca-produksi. Awal dialog, efek suara, dan musik dalam film masing-masing dan bersifat terpisah (dialog track, efek suara lagu, dan trek musik), dan ini dicampur bersama-sama untuk sesuatu yang disebut jalur komposit, yang terdengar di Film.

Sebuah soundtrack, didesain untuk disinkronkan dengan gambar dari film, buku, acara televisi atau video game. Soundtrack/backsound juga dibuat dalam produksi berdasarkan situasi mood videonya. Memang anda pun bisa mendownload soundtrack/backsound yang sudah jadi di beberapa situs di internet dari yang berbayar hingga yang gratis. Namun menurut pengalaman saya, sinkronisasinya cukup sulit, terlebih hak ciptanya dipegang orang lain.

Jadi, hal tersebut mengharuskan anda untuk membuat dengan kreasi costum soundtrack sendiri. Software yang saya sajikan di bawah ini berguna bagi anda yang ingin membuat
soundtrack video yang anda buat. Terlebih, hal ini menjadi nilai tersendiri seperti menjadi original soundtrack (OST) karena hak cipta anda pegang sendiri. Software yang saya sajikan juga sudah diakui kinerjanya oleh banyak komunitas film indie baik kalangan pelajar maupun mahasiswa.

Ok langsung saja, berikut software yang saya maksud.

1.Magix Music Maker Soundtrack Edition

Dari namanya, software ini memang khusus untuk membuat soundtrack film. Dengan MAGIX Music Maker Soundtrack Edition anda dapat membuat musik film sendiri dalam waktu singkat.  Bisa mengkombinasikan suara dan loop bersama-sama, merekam instrumen virtual dan nyata, menambahkan efek profesional dan campuran proyek anda dalam kualitas studio tanpa harus menjadi ahli musik terlebih dahulu.

Didalamnya tergolong lengkap, seperti suara cinematic horor, action, drama dan lain-lain. Bisa dibuat sesuai sinkronisasi video yang anda buat.

2.FL Studio

Software adalah sudah berada di lingkungan produksi musik perangkat lunak lengkap atau DAW (Digital Audio Workstation). Semua yang Anda butuhkan ada dalam satu paket untuk menulis, mengatur, merekam, mengedit, mencampur dan menguasai musik berkualitas profesional.

Menurut saya software ini kostumisasinya lebih tinggi ketimbang Magix Music dan lebih rumit. Namun, software ini cukup populer di kalangan para komposer. Sebenarnya software ini secara umum memang untuk musik multi genre. Namun ternyata di dalamnya ada fitur Pad Cinematic serta effect lain yang bisa digunakan untuk mendesain sendiri soundtrack video anda.

(**)
14

14 komentar: